-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Begini Strategi Polda Banten Hadapi Arus Balik dan Jalur Wisata di Momen Libur Lebaran 2024

By On Kamis, April 11, 2024

Kapolda Banten, Irjen Pol Abdul Karim. 

SERANG, KabarViral79.Com – Dalam rangka persiapan menghadapi arus balik Lebaran 2024, Polda Banten akan melakukan pengamanan mulai hari Jumat, 12 April 2024 sampai dengan Senin, 15 April 2024, dan diprediksi puncak arus balik pada Sabtu, 13 April 2024, dan Minggu, 14 April 2024. 

Kapolda Banten, Irjen Pol Abdul Karim mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan puncak arus balik dari Bakauheni ke Pelabuhan Merak, di antaranya pihaknya telah mempersipkan jalur arus balik yang digunakan ada dua, yakni jalur Cikuasa atas dan Cikuasa bawah.

“Untuk Cikuasa atas diprioritaskan kendaraan bus dan kendaraan pribadi yang mengarah ke Tol Merak, berikutnya untuk pengemudi sepeda motor yang keluar dari pelabuhan Merak akan kita arahkan ke jalur Cikuasa bawah atau jalur arteri, dan kita akan lakukan pengawalan dari Pelabuhan Merak,” kata Kapolda Banten, Rabu, 10 April 2024.

Kapolda juga mengatakan, pengendara sepeda motor yang keluar dari pelabuhan Merak nanti akan diarahkan melalui jalur Cikuasa bawah.

“Khusus untuk pengemudi sepeda motor akan dilakukan pengawalan dari Pelabuhan Merak dan diantar hinggap transit pertama, yaitu di Polresta Serang Kota. Kemudian dilanjutkan ke lokasi transit kedua, yaitu di Balaraja Kabupaten Tangerang, dan dilanjutkan hingga perbatasan Jakarta, dan bisa menggunakan jalurnya masing-masing,” terangnya.

“Pengaturan sepeda motor akan kita koordinir, kita kawal, dan kita atur,” sambungnya.

Abdul Karim menambahkan, arus balik para pemudik bersamaan dengan arus wisata. Aaat arus balik Sabtu dan Minggu, kata dia, saat itu juga banyak masyarakat yang melakukan wisata ke pantai Anyer.

Kapolda menjelaskan, dari hasil koordinasi bahwa Pelabuhan Ciwandan akan melakukan bongkar arus balik.

“Persoalan yang sudah kita kaji adalah di simpang JLS, dan di situ terdapat Pelabuhan Ciwandan, dan masih dilakukan bongkar arus balik dari Pelabuhan Panjang Lampung, dan di simpang JLS diterapkan sistem one way untuk menuju ke Anyer,” jelasnya.

“Mekanisme yang akan digunakan adalah ketika terdapat bongkaran pemudik yang di Pelabuhan Ciwandan, One Way dipending terlebih dahulu dan diprioritaskan pemudik. Setelah bongkaran pemudik selesai, Sistem One Way akan diterapkan kembali,” tambahnya.

Kapolda menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan personel pengamanan arus wisata. Untuk pengamanan arus wisata, pihaknya sudah mepersiapkan personel untuk pengamanan di jalur wisata.

"Ini tidak mengganggu pengamanan arus balik karena terdapat personel khusus jalur wisata dan melibatkan personel dari Polres Pandeglang dan personel Polda sebanyak kurang lebih 300 personel ditambah dari Polair,” tutupnya. (*/red)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »