-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Tren Musik Korean Hiphop di Indonesia

By On Senin, Desember 18, 2023

Owen di acara Festival Asian Sound Syndicate Vol.2. 

Oleh: Lia Rahmayanti

Musik Kpop saat ini sangat digemari masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Tapi, pernah tidak sih kalian mendengat Korean Hiphop atau yang biasa disingkat menjadi Khiphop ini ngetren di Indonesia? Atau mungkin kalian pernah mendengar acara ajang pencarian bakat untuk para rapper Korea yaitu Show Me The Money? Kalian pasti pernah mendengarnya bukan? Karena salah satu idol Kpop kalian mungkin pernah mencoba peruntungan di ajang pencarian bakat tersebut.

Dari beberapa idol Kpop yang sudah pernah mengikuti acara tersebut, membuat banyak penggemar baru yang penasaran dengan Khiphop ini. Dari mulai artis dan teman-temannya, produser, kultur penggemar Khiphop, atau bahkan lagu sindiran yang pernah dirilis oleh artis tersebut. 

Dari beberapa contoh tadi, yang paling sering dibahas adalah para artis Khiphop dan teman-temannya. Banyak para penggemar yang tidak menyangka bahwa salah satu artis Khiphop ternyata berteman dengan idol Kpop. Bahkan tak jarang kita lihat banyak idol Kpop yang secara terang-terangan mengatakan bahwa mereka adalah fans dari salah satu artis Khiphop.

Hal ini membuat masyarakat Indonesia tertarik untuk mendengarkan musik Khiphop bahkan sampai membeli album fisik dari artis Khiphop yang mereka suka.

Industri Khiphop menyadari bahwa potensi pasar mereka mulai diminati di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan bagaimana Khiphop artis tertarik untuk datang ke Indonesia untuk mengadakan konser atau sekadar mengisi acara festival musik. Contohnya di tahun ini ada festival musik yang memang dikenal sering mendatangkan artis Khiphop ke Indonesia, yaitu Asian Sound Syndicate Vol.2. 

Dengan tiket festival musik yang habis terjual, ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia memang benar adanya mulai menikmati musik dari Khiphop. Menurut saya setelah mengamati para fans Khiphop Indonesia di aplikasi X, mereka sangat loyal kepada artis yang mereka sukai.

Dari mulai album fisik hingga berbagai macam koleksi merchandise yang dikeluarkan artis tersebutpun juga dibeli. Selain dengan musik yang sangat menjual, servis dari sang artis kepada fansnyapun dinilai sangat memuaskan.

Kebanyakan dari Khiphop artis sangat suka jika berinteraksi langsung dengan fans mereka di media sosial. Hal ini membuat para penggemar merasa senang, karena bisa berinteraksi langsung dengan idolanya.

Lalu, apakah tren musik Khiphop ini akan bertahan lama di Indonesia? Bisa jadi. Melihat penggemar Khiphop yang semakin ramai di aplikasi X membuat saya berpikir bahwa masyarakat Indonesia memang menyukai jenis musik seperti Khiphop. Semoga para penggemar Khiphop ini bisa terinspirasi dari tekad yang kuat dan pantang menyerah seperti para artis Khiphop yang mereka sukai.


Penulis adalah Mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) Serang

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »