-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kenali Ciri-ciri Remaja Menggunakan Narkoba

By On Sabtu, Juni 08, 2019


KabarViral79.Com – Masa remaja merupakan masa peralihan dari kanak-kanak ke dewasa, baik secara biologis, maupun dan sosial. Di satu sisi remaja memiliki kemampuan orang dewasa, tetapi di sisi lain, belum memiliki kewenangan untuk menggunakan kemampuan tersebut.

Keterbatasan cara pandang remaja menyebabkan sulit menunda pemasukan keinginan seketika, sehingga lebih mirip anak kecil yang berdandan besar, dari pada orang dewasa.

Oleh karena itu remaja rawan terhadap stres dan frustasi, sehingga rawan menyalahgunakan narkoba. Ciri remaja adalah ingin tahu dan ingin mencoba, pengguna narkoba biasanya bermula dari rasa ingin tahu, ingin mencoba dan agar diterima lingkungan sosialnya.

Remaja juga senang melakukan hal-hal yang mengundang resiko, seperti ngebut, merokok dan mencoba narkoba.

Mengetahui betapa berbahayanya dampak narkoba dan obat terlarang bagi kesehatan tubuh, ada baiknya kita waspada saat bertemu dengan orang baru. 

Dilansir dari Sehatfresh.com, berikut ini ciri-ciri pengguna narkoba yang perlu diketahui remaja yang menggunakan narkoba yaitu :

Pecandu kerap mengalami perubahan suasana hati

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ciri-ciri pengguna narkoba yang paling mudah diketahui adalah suasana hatinya yang sangat mudah berubah-ubah. Bisa jadi dalam suatu waktu, ia merasa sangat senang namun dalam waktu sekejap, emosinya berubah menjadi sangat buruk. Perubahan suasana hati dipengaruhi oleh efek narkoba yang ada dalam tubuhnya.

Depresi dan euphoria

Remaja yang baru saja menggunakan narkoba bisa saja mengalami euphoria, sensasi bahagia yang berlebihan untuk hal-hal yang sebenarnya biasa saja atau tidak masuk akal. 

Selain itu, ciri-ciri pengguna narkoba juga ada yang cenderung mengalami depresi sebagai efek penggunaan narkoba dan baru merasa senang setelah menggunakan obat terlarang ini. 

Selain itu, banyak pengguna narkoba yang mengalami kecemasan berlebihan jika belum mengonsumsi obat ini.

Perubahan penampilan

Remaja yang sedang menggunakan narkoba yang mengalami perubahan fisik, ciri-ciri pengguna narkoba biasanya terlihat kurus, sulit untuk fokus, hidung yang terasa terus gatal, muka yang terlihat tirus, mata yang terlalu kering atau merah, pupil melebar, kerusakan gigi, penurunan berat badan yang signifikan, kulit pucat, rambut rontok dan adanya luka yang tidak akan sembuh. Sementara bagi pengguna ganja, sebagian bahkan bisa menjadi lebih gemuk.

Mulai melakukan tindakan kriminal

Remaja yang sudah menjadi pecandu narkoba, namun tak lagi punya uang untuk mendapatkannya, bisa jadi mereka menjadi lebih kasar dan melakukan tindakan kriminal seperti memaksa orang lain memberikan uang atau bahkan mencuri dan tindakan melawan hukum lainnya.

Sering sakit

Penyalahgunaan narkoba merusak fungsi sistem kekebalan tubuh dan mengubah kimia tubuh dalam berbagai cara. Hal ini membuat pecandu narkoba lebih rentan terhadap pilek, flu, pneumonia, serangan alergi, infeksi bakteri dan sejumlah penyakit atau penyakit potensial lainnya.

Perasaan bersalah dan malu

Ciri-ciri pengguna narkoba biasanya sering merasa sangat malu karena ketidakmampuan mereka untuk berhenti menggunakan narkoba dan mereka juga merasa bersalah tentang rasa sakit yang disebabkan perilaku pecandu narkoba terhadap orang yang dicintai.

Halusinasi dan delusi

Ciri-ciri pengguna narkoba akan merasakan ketagihan yang ekstrem, orang-orang yang menyalahgunakan obat-obatan terlarang berulang kali mungkin mulai kehilangan kontak dengan kenyataan, sampai pada titik di mana tindakan medis segera diperlukan. (*)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »