-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Demi Mendukung Ambisi dan Mendorong Ketahanan Pangan, Banten Menargetkan 8000 ton Produksi Jagung

By On Jumat, Mei 19, 2023



Pandeglang, KabarViral79.Com- Lahan seluas sekitar 80Ha di kawasan Kabupaten Pandeglang selatan diklaim siap untuk ditanami jagung. Klaim tersebut diungkapkan Pandu Cahaya Islam Mathlaul Anwar (PCI MA). Jum’at (19/05/2023).

Untuk diketahui, PCI sebelumnya merupakan Satuan Tugas (satgas) bentukan Mathlaul Anwar (MA) yang sudah dua tahun terakhir disahkan menjadi Badan Otonom (Banom) MA. Banom MA merupakan perangkat organisasi yang berfungsi melaksanakan kebijakan MA yang berkaitan dengan kelompok masyarakat tertentu dan beranggotakan perorangan.

Banom dikelompokkan dalam katagori Banom berbasis usia dan kelompok masyarakat tertentu dan Banom berbasis profesi dan kekhususan lainnya. Organisasi ini setara Banser pada Nahdatul Ulama (NU) dan Kokam di Muhammadiyah. PCI MA diawali dengan proses pengkaderan yang dimulai Maret 1953. Secara resmi, kepanduan Mathla’ul Anwar ini terbentuk di Mei 1953 dengan nama PCI MA.

Dalam pertemuan PCI MA dengan Masyarakat Agribisnis Jagung (MAJ), PCI MA menyatakan kesiapan para anggota dan warga untuk menanam jagung. "Anggota kita se-Wilayah Banten ada sekitar 3000an dan siap kita siagakan untuk bekerja sama memaksimalkan produksi jagung," kata Ketua DPP PCI MA, Zainal Mutaqqien.

Kami, lanjut dia, tadi sudah membentuk tim. Dalam waktu dekat tim ini akan memvalidasi luasan wilayah yang tersedia di wilayah Pandeglang selatan. "Apa benar 80 hektare. Atau lebih banyak atau lebih sedikit," tambah dia lagi.

Ditegaskan Zainal, harapan warga hanya keseimbangan dan keselarasan hulu dan hilir. Sebagaimana produksi digenjot, serapan hasil panen komoditi pun harus tinggi.

"Setelah memilih bibit yang baik, dihasilkan jagung berkualitas dengan kadar air yang sesuai standar kebutuhan pasar. Nah, hasil produksi ini harus ditampung sehingga antara warga sebagai petani dengan MAJ dan perusahaan buyer terjadi simbiosis mutualisme," kata Zainal.

Sebelumnya, tahun lalu Kementerian Pertanian berambisi membangun sekitar 300 ribu hektar lahan jagung baru. Yang diharapkan dapat mendorong jagung sebagai komoditas ekspor besar. Demi mendukung ambisi tersebut dan mendorong ketahanan pangan, tahun ini Banten menargetkan produksi jagung sebanyak 8000 ton.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »