-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Babinsa Koramil 0602-13/Padarincang Jaga Ketahanan Pangan saat Kemarau

By On Senin, September 11, 2023



Serang, KabarViral79.Com - Kekeringan melanda wilayah Indonesia saat ini, Babinsa Desa Bugel Sertu Opan melaksanakan pemantauan ketahanan pangan budidaya ikan air tawar jenis nila di salah satu kolam ikan yang di miliki petani di Desa Bugel Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang. Senin (11/09/2023).

Ikan Nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang dikembang biakkan oleh warga di wilayah Desa Bugel karena mempunyai nilai jual yang ekonomis serta dagingnya mengandung banyak protein yang baik untuk kesehatan tubuh.

Serda Opan melaksanakan pemantauan supaya mengetahui apa saja kendala yang dirasakan oleh para petani khususnya petani budidaya ikan Nila, sehingga bisa dikonsultasikan dan disampaikan kepada dinas terkait.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan sarana untuk memberikan pembelajaran kepada petani cara budidaya ikan Nila dengan benar agar nantinya bisa ditularkan kepada warga lain yang berkeinginan membudidayakan ikan Nila,” ujarnya.

Pemantauan budidaya ikan Nila tersebut dilakukan Sertu Opan dalam rangka meningkatkan Han Pangan di bidang pemeliharaan ikan yang ada di wilayah binaannya.

Diketahui, Babinsa juga memberikan cara pengolahan dan perawatan ikan kepada para petani dengan metode yang efektif yaitu mulai dari pembelian bibit ikan selanjutnya bibit ditebar di kolam yang kemudian dirawat dan dipelihara selama 6 bulan sampai dengan 1 tahun.

“Sehingga pada saat panen nanti hasil dari budidaya ikan Nila ini dapat digunakan untuk menambah kebutuhan hidup sehari-hari warga,” ungkapnya.

Kendala yang paling dirasakan petani yaitu kurangnya air untuk mengairi kolam saat ini serta dengan banyaknya pencurian ikan yang terjadi sehingga hal ini sangat mempengaruhi hasil panen,” tutup Sertu Opan.

(*/red)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »