-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bireuen Siapkan 22 Kafilah untuk Ajang MTQ Provinsi di Seumeula

By On Jumat, November 17, 2023

Peserta MTQ Kabupaten Bireuen mulai melakukan TC  di Dinas Syariat Islam jelang persiapan MTQ tingkat provinsi di Seumeulue. 

BIREUEN, KabarViral79.Com - Menjelang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-36 tingkat Provinsi Aceh Tahun 2023 di Simeulue, Kabupaten Bireuen mempersiapkan 22 Kafilah dengan mengikuti 13 golongan dari 8 cabang.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Syariat Islam  Bireuen, Anwar.S.Ag.,MAP kepada media ini, Jumat, 17 November 2023 terkait kesiapan kafilah Bireuen ke MTQ tingkat Provinsi Aceh yang dilaksanakan mulai 26 November hingga 2 Desember 2023 mendatang.

"Sejauh ini kita mempersiapkan 22 orang kafilah, 9 putra dan 13 putri dengan mengikuti 13 golongan dari delapan cabang diikuti. Mereka nantinya akan bersaing dengan peserta lainnya berasal dari 23 kabupaten/kota dari seluruh Provinsi Aceh. Seluruh peserta dari Bireuen mulai jalani Training Center (TC)," katanya.

Sementara TC tersebut dilaksanakan selama enam hari enam hari, mulai 15.hingga 20 November 2023 di Aula Gedung LPTQ DSI Bireuen.

Dimana pada TC ini para qari-qariah akan dibimbing langsung oleh tutor dari LPTQ Provinsi Aceh yang disesuaikan dengan cabang/golongan masing-masing peserta.

"Untuk tahun ini, Kabupaten Bireuen tidak mengikuti seluruh golongan dan mata lomba, karena ada beberapa golongan atau cabang tidak ada pesertanya, salah satunya dari cabang Cacat Netra," terangnya.

Di samping itu, kendala lain minimnya kemampuan anggaran yang tersedia di Kabupaten Bireuen untuk MTQ tingkat Provinsi tahun ini.

Peserta kaligrafi dari Bireuen melakukan persiapan selama TC menjelang keberangkatan ke MTQ tingkat Provinsi di Seumeulue. 

"Kalau kita lihat, ada beberapa cabang yang menjadi andalan Bireuen tahun ini,  disamping cabang Khattil Qur’an dan golongan Kaligrafi, serta beberapa cabang dan golongan lainnya, tentunya dengan dukungan dan doa kita bersama, mereka bisa tampil maksimal," paparnya.

Seluruh peserta rombongan akan bertolak ke Kabupaten Seumelue Pada tanggal 22 November ini melalui jalan darat dari Bireuen ke Labuhan Haji, dilanjutkan jalur darat menuju Kota Seumelue.

Berdasarkan data, kafilah Kabupaten Bireuen memboyong Cabang Tilawah Golongan Anak-anak 1 orang (putri), Remaja 1 orang (putra), dewasa 2 orang (putra/putri).

Lalu Cabang Qira’ah Sab’ah golongan Mujawwad Dewasa 2 orang (putra/putri), Cabang Hifzil Qur’an Golongan 5 Juz 1 orang (putri), 20 Juz 1 orang (putri), Cabang Tafsir Golongan Bahasa Indonesia 1 orang (putra) dan golongan Bahasa Inggris 1 orang (putra).

Di Cabang Fahmil Qur’an 3 orang (putra), Cabang Syarhil Qur’an 3 orang (putri), Cabang Khattil Qur’an Golongan Naskah 2 orang (putra/putri), Hiasan Mushaf 1 orang (putri), Dekorasi 1 orang (putri), Kontemporer 1 orang (putri) dan Cabang KTIQ 1 orang (putri).

"Harapan kita, MTQ tingkat Provinsi di Seumeulue, peserta dari Kabupaten Bireuen bisa meraih yang terbaik tentunya," harap Anwar. (Joniful Bahri)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »