-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pramuka Banten Tingkatkan Kecakapan Pelatih di Gelang Ajar 2023

By On Minggu, November 12, 2023



PANDEGLANG, KabarViral79.Com – Kwartir Daerah (Kwarda) Banten menggelar Gelang Ajar Pembina Pramuka 2023 Jum’at hingga Minggu (10-12/11/23) di Bumi Perkemahan Cikujang, Tanjung Lesung, Pandeglang. Pesertanya, adalah para Pembina Pramuka dari setiap Kabupaten/Kota. Tiap Kwartir Cabang (Kwarcab), mengirimkan 32 delegasi dengan total keseluruhan peserta 256 orang.

Turut menjadi pembicara dalam kegiatan, mantan Wakil Ketua Bidang Bina Wasa Kwarda Banten, Cepi Safrul Alam.

Dalam materinya, pengurus Kwarnas Andalan Bidang Aset dan Usaha ini menceritakan pengalamannya menjadi Pramuka yang mandiri.

“Setiap ada kegiatan Pramuka, saya harus menjual koran atau makanan. Nanti kalau sudah dapat uangnya baru bisa berangkat berkemah atau ikut lomba,” katanya Sabtu (11/11/23) malam.

Nanti, tambah Cepi, jangan lupa materi langsung dipraktikkan dan dikembangkan di gugus depan masing-masing. Semua harus semangat mengikuti materi. Yang tadinya di dalam satu kelompok hanya ada satu dua orang menguasai tapi dengan mengikuti kegiatan ini seluruh peserta menjadi paham.

Cepi sempat mengutarakan keprihatinannya tentang transfer ilmu kecakapan antara para pelatih dan siswa didik. Sebab ia melihat, saat ini, anak perempuan tingkat Penggalang bahkan Pandega banyak yang tidak bisa memasak.

“Banyak kecakapan dalam pramuka yang anak-anak sekarang masih gagap atau tidak lihai. Pembina dan Pelatihnya kurang memotivasi sehingga anak-anak lebih mengedepankan rasa malu dan gengsi. Padahal kalau mau maju dan sukses, tidak boleh gengsi,” ujar dia.

Cepi juga menyadarkan para pelatih akan fungsi dan gunanya Gelang Ajar. Para pelatih dituntut untuk mengatur waktu dan target pembinaan kepada para siswa didik.

“Itulah tantangannya. Bagaimana kita harus meningkatkan kecakapan dan skill untuk bisa melatih dan membina para siswa didik. Metode apa yang akan digunakan,” kata dia.

Terpisah, seorang peserta dari Kwartir Ranting (Kwarran) Cimanggu, Siti Fajria mengungkapkan suka citanya mengikuti Gelang Ajar bagi para pelatih dan pembina. Sebab, latihan kecakapan seperti Gelang Ajar sangat dibutuhkan. “Berguna sekali untuk saya menghadapi siswa,” ucap Fajria.

Serupa dikemukakan Ahmad Ashadi (Ahok) dari Kwarcab Tangerang. Kepada Cepi Ahok juga sempat meminta tips untuk para pelatih agar mencapai target penerapan kecakapan bagi anak didik.

Kegiatan dihadiri oleh Ketua Kwarda Septo Kalnadi dan jajaran pengurus Kwarda Banten lainnya.

Dalam sambutannya Ketua Kwarda berharap para Pembina Pramuka yang mengikuti Gelang Ajar dapat mengikuti kegiatan dengan baik. Tetap semangat dan menjaga kesehatan.

“Semoga seratus persen peserta menyerap materi dengan baik dan acara berjalan dengan lancar sesuai agenda yang tersusun,” harap Septo.



(*)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »