-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

POSNU Bekasi: ODGJ Bisa dapat Hak Suara Memilih pada Pemilu 2024 di Kota Bekasi

By On Jumat, Desember 29, 2023


Oleh: Badri Tamami

Pemilihan Umum (Pemilu) menjadi satu fase penting dalam menjalankan roda demokrasi dalam suatu Negara terlebih Indonesia  menganut sistem demokrasi.

Melalui Pemilu, sebetulnya kedaulatan rakyat idealnya mutlak dalam menentukan kepemimpinan bangsa, sejatinya untuk mengatur pemerintahan dan mengabdi kepada rakyat.

Tentunya banyak hal yang harus terlibat dan di sinergikan dalam pelaksanaan pemilu ini, apalagi jika bicaranya tentang ODGJ bakal mendapatkan hak suara pasti sangat krusial di telinga masyarakat.

Dalam momentum Pemilu 2024 nanti, perlunya kerja ekstra bagi setiap sektor yang terlibat baik peserta terlebih untuk para penyelenggara Pemilu mesti sangat ekstra juga harus responsif terhadap tantangan yang harus dihadapi, apalagi untuk mendata kategori ODGJ yang dapat hak suara sehingga dapat kemungkinan bisa mencoblos di bilik suara.

Justru dalam hal ini, harus kerja ekstra untuk penyelenggara untuk mengatur dan mengecek kondisi aktualnya agar lebih akurat. 

Hal-hal seperti ini, sangat sensitif ketika dalam pelaksanaan pemilu nanti. Bisa banyak terjadinya kejanggalan yang terjadi ketika dalam proses pelaksanaan.

Para penyelenggara Pemilu juga, jangan hanya sebatas melindungi dan mengawasi hak pilih orang yang memang sudah memenuhi syarat atau Daftar Pemilih Tetap (DPT) saja, tapi perlunya pendampingan langsung ke lapangan untuk mengecek kondisi yang benar-benar terjadi agar lebih akurat, misalnya seperti Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) mesti ada pengawasan dan penjelasan yang konkret dalam Pemilu yang jujur dan adil (Jurdil), sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecurangan pada data-data yang belum terverifikasi saat proses pelaksanaan.

Maka dari itu hal seperti ini, juga perlu diperhatikan agar tidak timbul stigma-stigma yang kurang baik di lingkungan masyarakat, sehingga stigma-stigma baiklah yang perlu dibangun dalam momentum Pemilu serentak ini.

Tujuannya agar bisa berdampak positif juga terhadap situasi dan kondisi yang terjadi pada saat ini sehingga tidak memperkeruh suasana oleh hal-hal yang sifatnya kurang baguslah dalam momentum pemilihan umum di Kota Bekasi.


Penulis adalah Koordinator Demokrasi dan Kepemiluan POSNU Bekasi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »