-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Warga Rela Antri Disengat Matahari Hanya Demi Mendapatkan Sembako Murah di Pasar Murah Bireuen

By On Selasa, Maret 26, 2024

Warga ikut antri hanya untuk mendapatkan Sembako murah di Pasar Murah yang digelar Pemkab Bireuen, di Halaman Kantor Kecamatan Juli, Senin, 25 Maret 2024. 

BIREUEN, KabarViral79.Com – Meski sengatan matahari pagi mulai terasa di ubun ubun, atrian warga yang didominasi kaum Ibu-ibu tetap antusias demi untuk mendapatkan paket sembako murah; beras 10 kg Rp94.000, gula pasir 2 kg Rp26.000, minyak goreng premium dua liter Rp30.000 dan telur Rp38.000 per papan.

Gambaran itu terlihat setiap digelarnya Pasar Murah di beberapa Kecamatan di wilayah Kabupaten Bireuen. Begitu juga kondisi itu terekam di lokasi Pasar Murah yang digelar Pemkab Bireuen melalui Disperdagkop dan UKM, di halaman Kantor Kecamatan Juli, Bireuen, Senin, 25 Maret 2024.

Sejak pukul 8.30 WIB, warga mulai terlihat memadati lokasi itu. Bahkan ikut mengantri dan berdesak-desakan hanya untuk menunggu giliran mendapatkan sembako murah tersebut.

Kegiatan Pasar Murah yang digelar Disperindagkop dan UKM bekerja sama dengan Bulog memberi dampak bagi warga miskin, ikut menekan kenaikan harga barang kebutuhan pokok di pasaran, dan terus mencekik leher masyarakat menengah ke bawah saat ini.

“Saya sejak pagi sudah datang dan ikut mengantri, desak-desakan, karena hanya untuk mendapatkan beberapa bahan pokok yang saya nilai murah dibandingkan dijual di pasaran, terlebih pada situasi menjelang Lebaran Idul Fitri 2024 ini,” ujar seorang Ibu paruh baya dari Peureden Juli.

Dengan harga yang sedikit murah, tentu satu paket Sembako itu memang menarik bagi kalangan Emak-emak, termasuk beberapa lelaki paruh baya yang juga memburu lapak lokasi Pasar Murah.

Seorang Ibu paruh baya membawa pulang paket Sembako yang dijual di Pasar Murah, di Halaman Kantor Kecamatan Juli, Bireuen, Senin, 25 Maret 2024. 

Dengan kondisi ekonomi masyarakat Bireuen saat ini ibarat "cacing kepanasan" ditambah kondisi harga barang dan Sembako di pasar terus melonjak tinggi. Mau tak mau warga harus tetap pasrah dengan kondisi tersebut.

Seperti halnya Ibu Salbiah, seorang Ibu dari pedalaman Juli, dan Ia pun harus rela mengantri untuk membeli sembako di lokasi Pasar Murah itu.

Ibu Salbiah mengaku, dengan adanya Pasar Murah ini, setidaknya merasa terbantu, karena bisa mendapatkan Sembako dengan harga sedikit lebih miring.

“Selama ini, harga barang atau Sembako di pasar, baik beras, gula pasir, minyak goreng serta telur, semuanya ikut naik. Sementara pendapatan kami masyarakat tidak sesuai dengan pengeluarannya,” katanya.

Dengan adanya program Pasar Murah yang digagas oleh Pemkab Bireuen melalui Disperdagkop dan UKM Bireuen ini, sepertinya ikut meringankan beban ekonomi masyarakat selama ini.

Kepala Disdagperinkop dan UKM Kabupaten Bireuen, Irfan, S.Pd, M.Pd kepada media ini mengatakan, Pasar Murah yang digelar kedua kali ini, yakni menjelang Hari Raya Idul Fitri akan dilaksanakan di lima Kecamatan.

“Pasar Murah yang kita gelar ini untuk penanganan inflasi dan stabilisasi harga barang kebutuhan pokok bagi masyarakat. Apalagi dalam waktu dekat ini menghadapi Lebaran Idul Fitri,” katanya.

Untuk kegiatan Pasar Murah ini, kata Irfan, pihaknya sudah menyurati para Camat agar dapat disampaikan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan masing-masing.

Selama agenda Pasar Murah ini ikut disediakan beras premium 5.150 kg setiap kecamatan, lalu, minyak goreng kemasan 1.200 liter per kecamatan, gula pasir 1.200 kg per kecamatan dan telur 350 papan per kecamatannya.

“Kalau untuk harganya, beras premium 10 kg Rp94.000, gula pasir 2 kg Rp26.000, minyak goreng premium 2 liter Rp30.000 dan telur Rp38.000 per papan,” sebutnya.

Berdasarkan data, Pasar Murah digelar di lima Kecamatan, Senin 25 Maret 2024, di Halaman Kantor Camat Juli, Kecamatan Juli, lalu Selasa, 26 Maret 2024, di Halaman Meunasah Pandrah Kandeh, Kecamatan Pandrah.

Disusul Rabu, 27 Maret 2024, di Lapangan Bola Kaki Blang Asan, Kecamatan Peusangan, dan Kamis, 28 Maret 2024, di Halaman Kantor Camat Kutablang, Kecamatan Kutablang.

Terakhir jadwal Pasar Murah, Jumat, 29 Maret 2024 di Halaman Kantor Camat Jeumpa, Kecamatan Jeumpa. (Joniful Bahri)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »