-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Sempat Terdengar Letusan Senjata, Personel Polres Bireuen Berhasil Pukul Mundur Pengunjuk Rasa

By On Sabtu, Oktober 14, 2023

Seorang perusuh berhasil diamankan pihak personel gabungan Polres Bireuen saat Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), mengantisipasi berbagai potensi kerawanan dalam Pemilu 2024, di Halaman Pendopo Bireuen, Sabtu 14 Oktober 2023. 

BIREUEN, KabarViral79.Com – Sempat terdengar dentuman letusan senjata, personel gabungan baik pasukan Brimob, personel Polres Bireuen dibantu personel dari TNI AD berhasil memukul mundur pengunjuk rasa.

Kejadian tersebut terjadi saat dilakukan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), upaya mengantisipasi berbagai potensi kerawanan dalam Pemilu 2024, di Halaman Pendopo Bireuen, Sabtu 14 Oktober 2023.

Dalam kondisi itu, personel ikut menyemprotkan water canon ke arah massa yang terus mengganas, bahkan keadaan semakin tak terkendali. 

Terakhir tim gabungan berhasil mematahkan ambisi massa, sehingga mereka berhasil dipukul mundur, dan titik lokasi berhasil diamankan.

Selama simulasi tersebut ikut melibatkan 150 personel gabungan, baik dari Polres Bireuen, tim gabungan dari Kodim 0111/Bireuen, Brimob Kompi B Jeulikat Lhokseumawe, Satpol PP serta anggota Linmas.

Sementara, Kapolres Bireuen AKBP Jatmiko, S.H., M.H dalam arahannya menyebutkan, kegiatan simulasi ini sengaja digelar dengan melibatkan dari jajaran Polri, TNI, serta unsur lainnya.

Personel Brimob Kompi B Jeulikat Lhokseumawe saat melakukan pengembangan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), mengantisipasi berbagai potensi kerawanan dalam Pemilu 2024, di Halaman Pendopo Bireuen, Sabtu 14 Oktober 2023. 

Kegiatan ini merupakan salah satu kesiapan dari Polres Bireuen untuk kesiapan pengamanan Pemilu 2024 mendatang.

Kata Jatmiko, setiap tahapan telah disiapkan sistem pengamanan, nantinya terkolaborasi di dalam rencana operasi Mantab Brata Semeru 2023/2024 di Kabupaten Bireuen.

“Simulasi yang dilaksanakan ini merupakan salah satu bentuk sinergitas dari berbagai pihak dalam menghadapi agenda besar Pemilu 2024 mendatang,” katanya.

Terkait dengan potensi kerawanan, Kapolres Bireuen itu mengatakan, kalau pihaknya telah melakukan pemetaan terkait dengan potensi wilayah. Deteksi dini segera dilakukan guna mengantisipasi berbagai potensi kerawanan di daerah.

Untuk hal ini, tambahnya, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi, terkait potensi potensi kerawanan yang dinilai akan muncul, sehingga kami antisipasi sejak dini. 

“Pengamanan Pemilu 2024 dilakukan secara berbeda dan bertahap, mulai masa kampanye, masa tenang, masa verifikasi, pengamanan tempat pemungutan suara dan tahapan lainnya. Satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) juga akan dijaga petugas secara ketat,” tegasnya.

Dalam kegiatan simulasi tersebut turut dihadiri Unsur Forkopimda, KIP, Bawaslu serta  tamu undangan lainnya. (Joniful Bahri)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »