-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Etnis Rohingya Asal Myanmar Kembali Masuk di Kawasan Gandapura Bireuen

By On Senin, November 20, 2023

Ratusan warga etnis Rohingya dari Myanmar kembali masuk dan mendarat dengan kapal boatnya di kawasan Gampong Lhok Mambang, Samuti Krueng dan Samuti Rayeuk, Gandapura, Bireuen, Minggu 19 November 2023, sekira pukul 02.00 WIB. 

BIREUEN, KabarViral79.Com – Ratusan warga etnis Rohingya dari Myanmar kembali masuk dan mendarat dengan kapal boatnya di kawasan tiga Gampong, di Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, Aceh, Minggu 19 November 2023, sekira pukul 02.00 WIB.

Menurut informasi, warga etnis Rohingya tersebut diketahui warga saat sudah berada di pemukiman Gampong Lhok Mambang, Samuti Krueng dan Samuti Rayeuk, Gandapura, Bireuen.

Diduga ratusan etnis Rohingya tersebut yang sebelumnya sempat ditolak warga di kawasan Pulo Pineng Meunasah Dua, Kecamatan Jangka, Bireuen dua hari lalu.

Sementara keberadaan mereka di Gampong Lhok Mambang dan Gampong Samuti Krueng dan Samuti Rayeuk, Gandapura, Bireuen awalnya diketuhui warga masyarakat setempat.

Geuchik Lhok Mambang, Jasaun kepada wartawan menyebutkan, awalnya keberadaan mereka diketahui warga selanjutnya dilaporkan.

Warga etnis Rohingya, kebanyakan anak-anak saat berada di kawasan pemukiman Gampong Lhok Mambang, dan Samuti Krueng dan Samuti Rayeuk, Gandapura, Bireuen, Minggu 19 November 2023, sekira pukul 02.00 WIB. 

“Menurut keterangan warga, ratusan etnis Rohingya dengan menggunakan kapal boat kayu itu masuk dan turun di bibir pantai selanjutnya melintasi tambak warga,” katanya.

Dijelaskannya, para Rohingya diperkirakan masuk dari arah utara pemukiman warga. Mereka merangsek masuk melewati areal tambak dan langsung ke pemukiman warga di Lhok Mambang.

Sementara Camat Gandapura, Bireuen, Azmi mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara jelas terkait bagaimana kronloagis sehingga mereka telah beredar di dua Gampong tersebut.

“Sesuai keterangan, ratusan warga etnis Rohingya tersebut sudah berada di pemukiman warga di dua Gampong tersebut,” terangnya.

Selanjutnya, sambung Azmi, mereka telah diberikan makanan serta air meneral oleh masyarakat. 

“Untuk selanjutnya kami kembali mengkoordinasi dengan Muspika Kabupaten terkait keberadaan warga etnis Rohingya ini,” tutupnya. (Joniful Bahri)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »