-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Warga Pesisir Jangka Bireuen Tolak Boat yang Ditumpangi Ratusan Eknis Rohingya

By On Kamis, November 16, 2023

Kapal boat besar yang ditumpangi Eknis Rohingya dari Mayanmar saat akan mendarat di kawasan pesisir Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Aceh, Kamis, 16 November 2023, sekira pukul 05.30 WIB.

BIREUEN, KabarViral79.Com - Ratusan warga pesisir Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Aceh menolak kapal boat besar yang ditumpangi Eknis Rohingya dari Mayanmar dan ingin mendarat di kawasan kampung mereka, Kamis, 16 November 2023, sekira pukul 05.30 WIB.

Awalnya boat besar yang ditumpangi ratusan warga eknis Rohingya itu diduga hendak mendarat di kawasan Pulo Pineng Meunasah Dua, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Berdasarkan informasi yang didapat,  boat yang ditumpangi pengungsi Rohingya tersebut diduga mesinnya dalam kondisi mati.

Terakhir boat tersebut berada di laut atau berjarak sekitar 200 meter dengan bibir pantai, di kawasan pesisir Pulo Pineng Meunasah Dua Jangka, Bireuen.

Keuchik Pulo Pineng Meunasah Dua,Jangka, Bireuen, Mukhtar kepada wartawan mengatakan, kalau dilihat posisinya, boat tersebut berada di pesisir Desa Pulo Pineng Meunasah Dua Jangka, Bireuen.

"Berdasarkan keterangan warga, boat besar yang ditumpangi ratusan warga etnis Rohingya itu dilihat sekitar pukul 04.50 WIB," terangnya.

Dikatakan warga lainnya, setelah diketahui adanya kapal boat besar yang ingin mendarat di kawasan pesisir itu, warga di kawasan itu langsung menolak mereka untuk mendarat.

Ratusan warga eknis Rohingya saat mendarat sebelum warga pesisir Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Aceh menolak keberadaan mereka, Kamis, 16 November 2023, sekira pukul 05.30 WIB.

Penolakan terhadap keberadaan mereka selama ini sangat beralasan, karena selama warga pesisir terasa jenuh, sebab setelah ditampung baik-baik, kehadiran mereka sering melakukan masalah, sering kabur di lokasi penampungan yang disediakan oleh pemerintah daerah.

Selanjutnya warga langsung melapor ke  adanya boat yang ditumpangi ratusan warga etnis Rohingya kepada Camat, Kapolsek, serta Danramil Jangka.

Selanjutnya personel keamanan langsung datang ke lokasi untuk memastikan laporan adanya boat tersebut.

Pantauan media ini, boat nelayan di kawasan Jangka, Bireuen berupaya menarik kapal boat yang ditumpangi eknis Rohingya untuk menjauh dari tepi pantai Jangka, Bireuen.

Informasi lain, sebelum diminta untuk keluar dari Jangka, Bireuen, pihak pemerintah kecamatan setempat ikut menyerahkan bantuan sembako untuk mereka yang sengaja diantar oleh nelayan ke kapal boat mereka tumpangi.

Terakhir semua bantuan sembako tersebut dibuang semua ke laut, baik beras, mie instan serta air meneral. (Joniful Bahri)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »