-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

PKL di Jalan Sunan Kalijaga Pasar Rangkasbitung Tolak Relokasi ke Pasar Baru Kandang Sapi

By On Jumat, Maret 22, 2024


LEBAK, KabarViral79.Com – Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di sepanjang jalan Sunan Kali Jaga, Pasar Rangkasbitung, menolak untuk direlokasi ke gedung pasar yang berada di Kandang Sapi.

Gedung Pasar Baru yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) tersebut menghabiskan anggaran APBD Tahun 2023 sebesar Rp 2,7 milyar dan sudah rampung 100 persen.

Rohimakumullah, salah seroang pedagang kepada awak media mengatakan, para pedagang menolak untuk direlokasi karena akan mengurangi omzet penjualan.

“Ya entunya akan mengurangi omset penjualan kami, karena para pelanggan akan hilang, terutama pedagang balukan yang setiap hari belanja, ditambah akses di sana (pasar kandang sapi-red) masih sepi, jauh dari keramaian. Kalau di sini kan pusat kota, dekat Stasiun,” ucapnya, Kamis, 21 Maret 2024.

Hal yang sama dikatakan Epen Ependi, pedagang tahu tempe. Menurutnya, para pedagang menolak direlokasi karena omzet penjualan mereka akan berkurang.

“Sebelum melakukan relokasi PKL, seharusnya Pemda Lebak bermusyawarah terlebih dahulu dengan kami, mau apa atau tidak untuk dipindahkan ke tempat baru. Saya kira ini akan sangat mempengaruhi omset penjualan kami,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pedagang Kaki Lima Provinsi Banten (APKL), Adam Surya Muhammad Khadafi yang biasa disapa Adam Buya sangat mendukung program Pemerintah terkait pembenahan atau relokasi PKL. Namun, kata dia, Pemkab harus melihat dulu efek domino bagi PKL.

“Ya, jangan sampai relokasi itu merugikan, karena menyangkut keberlangsungan hidup mereka. Harusnya cari dulu lokasi yang strategis. Jangan direlokasi di tempat sepi yang jauh dari jangkauan masyarakat,” tuturnya.

Untuk itu, kata Adam, pihaknya meminta agar Pemda Lebak, khususnya Disperindag untuk mencari lokasi yang strategis untuk para PKL, khususnya PKL yang di jalan Sunan Kalijaga. 

“Intinya kami menolak relokasi PKL ke Pasar Kandang Sapi yang terkesan menghambur-hamburkan angaran Pemerintah,” tegas Adam Buya. (Cup/Red)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »