-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pj Bupati Bireuen Nobatkan Ziaul Fahmi dan Adya Miranza, Raja dan Ratu Baca 2023

By On Sabtu, Juli 22, 2023

Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan memasang selempang kepada Bunda Literasi dan Duta Baca Kabupaten Bireuen Tahun 2023, di Ruang Baca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat, Jumat, 21 Juli 2023. 

BIREUEN, KabarViral79.Com – Penjabat (Pj) Bupati Bireuen, Aulia Sofyan, Ph.D menobatkan Bunda Literasi, Duta Baca Kabupaten Bireuen Tahun 2023.

Penobatan tersebut berlangsung di Ruang Baca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Bireuen, Jumat, 21 Juli 2023.

Selain menobatkan Ketua TP PKK Bireuen, Dr dr Novia Dian Lestari, Sp.S (K) sebagai Bunda Literasi, Pj Bupati setempat menobatkan Ziaul Fahmi, S.Pd dan Adya Miranza sebagai Raja dan Ratu Baca Kabupaten Bireuen Tahun 2023.

Baca juga: Pj Bunda PAUD Bireuen: Pendidikan di PAUD Perlu Lahirnya Pondasi Secara Holistik, Tak Hanya Calistung Semata

Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan dalam sambutanya menyebutkan, hari ini pihaknya mengukuhkan Bunda Literasi, Raja dan Ratu Baca Kabupaten Bireuen Tahun 2023 dengan harapan menjadi motivasi ke depan.

“Kita harus tahu, kalau beban Raja dan Ratu Baca ini sangat berat. Harus mampu memberi contoh terbaik bagi semua kalangan, begitu juga Bunda Literasi Bireuen dapat meningkatkan Kabupaten ke arah yang lebih baik,” harapnya.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, M. Nasir ikut menyerahkan piala kepada juara favorit pertama dan juara favorit kedua Raja dan Ratu Baca, di Ruang Baca Dinas setempat, Jumat, 21 Juli 2023. 

Namun, kata dia, sangat disayangkan generasi saat ini, terutama di Bireuen, di kafe-kafe, remaja bukannya membaca, tapi lebih memilih hal yang tak menguntungkan.

“Jangan salahkan Handphone, tapi kita tak bisa memanfaatkan Handphone ke arah yang dapat memberi manfaat bagi pribadi kita,” ujarnya.

“Kita perlu meniru orang Jepang, mereka saat berada dalam bus, mereka tetap ikut membaca buku. Begitupun kita ke Arab Saudi, sopir taksi membaca Al-Quran, sementara kita di Bireuen, hal membaca itu sangat jarang terlihat,” sambungnya.

Di bagian lain, Aulia Sofyan juga mengungkapkan, saat ini Bireuen mendapatkan dana Rp10 milyar untuk pembangunan Perpustakaan, dan pembangunan tersebut mulai dilakukan verifikasi oleh tim Jakarta hari ini.

“Bila ini terwujud, maka Perpustakaan Bireuen salah satu Perpustakaan terbaik di Aceh saat ini,” imbuhnya.

Baca juga: Kadis Pendidikan Bireuen: Pendidikan PAUD Gampong Prioritas Utama Dinas

Sementara itu, Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Bireuen, Drs. M Nasir, M.Pd dalam laporannya menyebutkan, kegiatan Pemilihan Raja dan Ratu Vaca juga Bunda Literasi ini sebagai motivator dan inisiator dalam rangka peningkatan indeks literasi dan kegemaran membaca di Kabupaten Bireuen.

Untuk pemilihan Raja dan Ratu Baca ini diikuti 30 peserta, baik dari kalangan umum dan mahasiswa. Usai proses ujian tulis dan serangkaian seleksi lainnya.

“Terakhir panitia menetapkan Ziaul Fahmi, S.Pd dan Adya Miranza sebagai Raja dan Ratu Baca Kabupaten Bireuen Tahun 2023,” sebutnya.

“Kepada Rektor dan Pimpinan Perguruan Tinggi, ke depannya kita berharap agar dapat lebih aktif mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini,” pungkasnya.

Bagi Raja dan Ratu Baca terpilih ikut diberikan hadiah berupa piala, sertifikat dan sejumlah uang pembinaan, disamping kepada juara favorit pertama dan juara favorit kedua, serta peserta lainnya juga diberikan uang pembinaan, sertifikat dan toolkit. (Joniful Bahri)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »