-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kadis Pendidikan Bireuen: Pendidikan PAUD Gampong Prioritas Utama Dinas

By On Rabu, Juni 07, 2023

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, Muslim M.Si membuka (Bimtek) Manajemen Tata Kelola BOP PAUD/TK, di Aula Wisma Bireuen Jaya, Rabu, 07 Juni 2023. 

BIREUEN, KabarViral79.Com – Kehadiran dan perkembangan dunia pendidikan PAUD dan TK di Gampong-gampong telah ikut melahirkan generasi emas, ini harus menjadi prioritas utama dinas yang membidangi PAUD dan TK .

Hal itu ditegaskan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, Muslim M.Si saat membuka Bimbingan Teknik (Bimtek) Manajemen Tata Kelola BOP PAUD/TK Tahun 2023 yang diikuti puluhan Kepala Sekolah TK dan PAUD, di Aula Wisma Bireuen Jaya, Rabu, 07 Juni 2023.

Menurut Muslim, peningkatan karakter anak-anak harus dimulai dari dunia pendidikan PAUD, dan Ia berharap anak didik PAUD tidak dipaksakan seperti keinginan Kepala Sekolah.

“Jadi kepada Guru dan Kepala Sekolah TK dan PAUD jangan memaksa anak didiknya seperti keinginan Kepala Sekolah, tapi harus diikuti dengan kurikulum, ciptakan generasi emas yang lebih baik, terutama pendidikan karakter,” harapnya.

Saat ini, sambungnya, perkembangan PAUD Gampong atau di desa-desa kini banyak yang lahir, itu butuh perhatian semua dinas, dan tentu sangat berbeda kehadiran PAUD dan TK di kota yang dinilai telah mapan, terutama milik pribadi.

“Jadi saya berharap yang membidangi PAUD dan TK di Dinas untuk memprioritaskan TK dan PAUD di Desa-desa, sehingga pendidikan itu ikut setara. Jangan dibeda-bedakan, sebab ini sesuai instruksi pusat,” pintanya.

Kabid PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, Surya, S.Pd.,M.Pd diwakili Widyaprada Bidang PTK, Yusmadi, S.Pd., M.Pd melaporkan kegiatan Bimtek BOP PAUD, di Aula Wisma Bireuen Jaya, Rabu, 07 Juni 2023. 

Belakangan sebagian besar perangkat Gampong ikut membangun TK dan PAUD, tujuannya membangkitkan pendidikan untuk generasi emas ke depan.

Di bagian lain, Muslim juga meminta agar manajemen di sekolah harus transparan, dan yang sangat utama, penyalahan penggunaan dana BOP akan tetap diambil tindakan.

“Tolong dipahami, digunakan dana untuk peserta didik, bukan untuk Kepala Sekolah. Apabila kami temukan indikasi ke arah itu, kami akan menurunkan tim independen apabila penggunaan dana itu salah sasaran,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, Surya, S.Pd.,M.Pd diwakili Widyaprada Bidang PTK Dinas setempat, Yusmadi, S.Pd., M.Pd menyebutkan, Bimtek BOP PAUD dilaksankan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang pengelolaan dana BOP dalam konteks pendidikan anak usia dini.

“Penggunaan dana BOP sangat penting dalam memastikan kelangsungan pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan bagi anak-anak kita serta masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan mereka,” jelasnya.

Bimtek Manajemen Tata Kelola BOP dilaksanakan selama empat hari 7-10 Juni 2023 dan diikuti 70 peserta, Kepala PAUD/TK  Negeri dan Swasta.

Selanjutnya kegiatan yang sama dilaksanakan pada 9-10 Juni 2023 diikuti 40 peserta dari unsur Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

“Kita berharap, peserta dapat mengikuti kegiatan Bimtek ini secara efektif dan selektif dan agar dapat diimplementasikan kepada teman-teman lainnya melalui kegiatan kelompok kerja kepala PAUD/TK di kecamatan masing-masing,” kata Yusmadi.

“Selama Bimtek ini, kita ikut menghadirkan narasumber dari Dirjen Paud, Kemendikbud Ristek, Drs. Hamzah Hakim, M.Pd dan Jauhari M.Pd, dari BPMP Aceh,” ungkap  Yusmadi. (Joniful Bahri)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »