-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

240 Siswa SD di Bireuen Bersaing di Ajang Kompetisi Sains Nasional

By On Kamis, September 21, 2023

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, Muslim membuka ajang KSN tingkat SD, di UPTD SDN 12 Bireuen, Kamis, 21 September 2023. 

BIREUEN, KabarViral79.Com - Sedikitnya 240 siswa tingkat SD dari 12 Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), di Kabupaten Bireuen bersaing di ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, Muslim, M.Si, di UPTD SDN 12 Bireuen, Kamis, 21 September 2023.

Ajang KSN tersebut digelar Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat dengan memperlombakan dua mata pelajaran (Mapel), yakni Matematika dan IPA.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, Muslim dalam arahannya mengatakan, kegiatan kompetisi ini merupakan salah satu strategi untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan, kreatifitas dan sportifitas peserta didik.

"Saya berharap peserta harus tetap percaya diri dan sportif jangan tergesa-gesa untuk menjawab soal, sehingga dapat menghasilkan yang terbaik," harapnya.

Dikatakannya, belakangan pandangan anak-anak, bahwa mata pelajaran matematika dan berhitung itu sangat menakutkan.

Namun rasa ketakutan itu kini telah diubah oleh Ahli Fisika Indonesia, Prof Yohanes Surya dan menjadi senang dengan mengunakan metode baru, yakni Gampang, Asik dan Menyenangkan (GASING).

"Prof Yohanes Surya benar-benar mengubah pandangan anak-anak yang sebelumnya takut pada matematika dan berhitung, kini menjadi senang," katanya.

Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, Fauzan saat menyampaikan laporan ajang KSN, di UPTD SDN 12 Bireuen, Kamis, 21 September 2023. 

Muslim mengatakan, metode GASING adalah suatu metode pembelajaran matematika dengan langkah demi langkah yang membuat anak menguasai matematika secara gampang, asyik dan menyenangkan dan kini mulai diterapkan di sejumlah Kabupaten di Indonesia.

Salah satu ciri khas lain dari metode GASING adalah anak-anak dapat melakukan perhitungan di luar kepala (mencongak) dengan cepat.

"Ke depan ini, Insya Allah dinas akan mengadakan pelatihan metode GASING ini, sehingga nantinya dapat diterapkan di sekolah-sekolah, dan memberikan manfaat bagi peserta didik yang ada di Kabupaten Bireuen," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, Fauzan, S.Pd ,MM dalam laporkannya menyebutkan, seluruh peserta yang ikut KSN tahun ini sebanyak 240 peserta, Matematika 120 orang dan IPA 120 orang siswa.

"Dari keseluruhannya itu merupakan utusan dari 12 K3S yang ada dalam Kabupaten Bireuen," katanya.

KSN ini, sambung Fauzan, disamping mencari juara untuk di tingkat kabupaten juga sebagai bentuk apresiasi peserta didik yang sudah dilatih di sekolah.

"Ajang KSN ini juga untuk peningkatan standar pendidikan serta memberikan kesempatan bagi siswa siswi agar dapat menggali potensi mereka dan mendapatkan penghargaan atas bakat mereka dalam mencapai prestasi di tingkat Kabupaten," sebutnya.

Panitia juga mengambil peringkat I, II dan III masing-masing Mapel yang dilombakan serta memilih juara umum bagi K3S dari perolehan nilai terbanyak di KSN ini.

"Bagi peringkat I, II dan III di masing-masing Mapel diberikan penghargaan berupa, trophy, piagam penghargaan," ucapnya. (Joniful Bahri)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »