-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

IPDes Desa Cimandiri Menggelar Audensi di Kantor Desa Cimandiri, ini Penjelasan Kades Cimandiri Terkait Rehabilitasi Kantor Desa

By On Sabtu, September 16, 2023



LEBAK, KabarViral79.Com – Sejumlah warga Desa Cimandiri yang tergabung dalam Ikatan Peduli Desa (IPDes) Desa Cimandiri menggelar audensi di Aula Kantor Desa Cimandiri, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Jumat 15 September 2023.

Audensi tersebut dilakukan hanya untuk mempertanyakan kepada pemerintah Desa terkait rehabilitasi kantor pemerintahan Desa yang menggunakan anggaran dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2023, yang diduga tidak mengacu pada Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Selain itu, warga masyarakat Desa Cimandiri meminta penjelasan terkait rehabilitasi kantor desa yang sampai saat ini belum di selesaikan seutuhnya dalam pengerjaannya.

Dalam kesempatan itu, ketua IPDes Desa Cimandiri Asep Pahrudin mengatakan bahwa dilakukannya audensi tersebut bentuk kepeduliannya terhadap pemerintah desa agar kedepan tidak ada kejadian serupa di Desa Cimandiri.

“Audensi ini kami lakukan karena berawal ramainya Isue yang berkembang di warga masyarakat terkait rehabilitasi kantor pemerintahan Desa. Dan audensi ini bentuk kepedulian kami terhadap pemerintah desa kami sendiri, agar menjadi terang benderang sehingga masyarakat tidak bertanya-tanya,” kata Asep Pahrudin.

Salah satu tokoh masyarakat desa Cimandiri, Wahyu juga menuturkan bahwa selain dirinya mempertanyakan regulasi dalam pengerjaan rehabilitasi kantor Desa, ia juga menyarankan kepada pemerintah Desa agar bisa lebih transparan dalam melaksanakan pembangunan Desa.

“Saya menyarankan kepada pemerintah Desa Cimandiri untuk kedepannya agar bisa lebih transparan kepada masyarakat dan setiap ada pembangunan di desa agar memasang papan informasi publik (PIP),” kata Wahyu.

Menjawab pertanyaan dari masyarakat, ini yang disampaikan oleh Kepala Desa (Kades) Cimandiri Pei, saat memberikan penjelasan kepada warga masyarakat yang tergabung di IPDes Desa Cimandiri saat melaksanakan audensi di aula kantor Desa Cimandiri.

“Betul anggaran untuk rehabilitasi kantor pemerintahan Desa itu sudah keluar. Dan mengenai belum selesai nya pembangunan ruang Sekertaris Desa dan pembuatan kanopi, karena anggaranya disilangkan untuk membangun fisik jalan lingkungan di Kampung Binong dulu,” paparnya.

Pei juga tak menampik kalau dengan dimulainya pengerjaan rehab kantor Desa itu belum ada RAB nya.

“Memang pada saat dimulai pengerjaan rehab kantor Desa RAB nya belum ada karena waktu itu dengan keadaan urgent, atap kantor Desa mau roboh sehingga kami berinisiatif untuk merehabnya lebih awal,” ujarnya.

Tapi mudah-mudahan tambah Pei, kejadian ini tidak terulang lagi dan akan menjadi perhatian buat kami, agar kedepannya bisa lebih baik dan tertib administrasi,” tutupnya.

Sementara itu, H. Solahudin saat dikonfirmasi awak media ini usai audensi itu selesai, dirinya mengatakan, Auden ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap pemerintah Desa dan kepala Desa,” katanya.

Akan tetapi kata H. Solahudin, saya sangat menyayangkan kepada pihak Kecamatan, dan DPMD, yang katanya sudah menyepakati rehabilitasi kantor Desa tanpa ada RAB terlebih dahulu,” ujarnya.

Diketahui pada pelaksanaan audensi tersebut dihadiri oleh Babinsa Koramil 0314/Panggarangan Sertu Empud Saripudin.

(Cup/Red)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »