-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Aktivis Anti Narkotika Minta Bawaslu Lakukan Cek Urin Narkoba

By On Jumat, Oktober 27, 2023


LEBAK, KabarViral79.Com – Merespon pemberitaan adanya penangkapan anggota Panwaslu di Kabupaten Lebak positif narkoba, aktivis pegiat anti narkotika meminta Bawaslu melakukan prosedur tes urine menghadapi Pemilu 2024.

“Ini menyangkut integritas penyelenggara dan tidak bisa dipandang sederhana adanya praktek penggunaan narkotika di dalam panitia penyelenggara Pemilu. Hal ini jadi preseden buruk dan dikhawatirkan berpengaruh terhadap tugas dan fungsi serta profesionalitas  penyelenggara,” kata Deden Haditia, Pengurus DPC Perkumpulan Anti Narkotika (PERANK), Kamis, 26 Oktober 2023.

Ia melihat  ada potensi mengembang dan bisa saja melibatkan pelaku serta pengedar lain, dan ini adalah bagian dari tugas Kepolisian melakukan pengembangan.

“Sebagai bentuk tanggung jawab moral atas integritas jajarannya, kami dari perkumpulan Anti Narkotika meminta Kepolisian, BNN dan Bawaslu dan KPU melakukan sinergisitas gelar tes urine untuk memastikan jajarannya dalam keadaan netral dari penggunaan narkotika,” ujar Deden.

Karena secara moral, kata Deden, penyelenggara Pemilu harus mampu menunjukkan citra dan integritas yang kepada publik.

“Karena preseden buruk seperti ini dapat berpengaruh terhadap kepercayaan publik menjelang penyelenggaraan Pemilu 2024 yang jujur dan adil," pungkasnya 

Terpisah, Ketua DPD Perank Kabupaten Lebak, Rd Didi Suharyadi mendesak Bawaslu melakukan pemeriksaan terhadap seluruh anggota dan jajarannya untuk tes urine bersama.

Karena, kata dia, narkotika ternyata masuk dalam lingkungan Panwascam di Panggarangan. Ini indikasi kuat adanya jejaring penggunaan narkotika di lingkungan Bawaslu di daerah.

“Intinya saya mendesak BNN dan Polri untuk melakukan kegiatan tes urin berkala terhadap penyelenggara Pemilu. Hal ini menjadi penting dilakukan untuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap Bawaslu Kabupaten Lebak,” kata Didi. (cup/red)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »