-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pj Bupati Bireuen: Nuzulul Quran Membangun Kemuliaan, Kesejahteraan dengan Petunjuk Al-Quran

By On Kamis, Maret 28, 2024

Dr. Tgk. H. Misran Fuadi, S.Ag, M.A.P dari Lhokseumawe menyampaikan Tausiyah saat peringatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan Dinas Syariat Islam (DSI) Bireuen, di Masjid Agung Sulthan Jeumpa, Rabu malam, 27 Maret 2024. 

BIREUEN, KabarViral79.Com – Selain momentum untuk memperkuat kebersamaan dalam keragaman, mementum Nuzulul Qur'an ini kiranya dapat membangun kemuliaan kesejahteraan dengan petunjuk Al-Qur'an.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Bireuen, Aulia Sofyan, Ph.D diwakili Asisten I Setdakab Bireuen, Mulyadi, S.H.,M.M saat membuka kegiatani peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1445 H /2024.

Kegiatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakn Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen melalui Dinas Syariat Islam (DSI) setempat itu berlangsung di Masjid Agung Sulthan Jeumpa Bireuen, Rabu malam, 27 Maret 2024.

Agenda Nuzulul Qur’an tersebut diawali shalat Isya' berjamaah dan shalat tarawih dan witir berjama'ah yang dihadiri seluruh Forkopimda dan masyarakat dengan menghadirkan Dr. Tgk. H. Misran Fuadi, S.Ag, M.A.P dari Lhokseumawe, sebagai penceramah.

Dikatakan Asisten I Setdakab Bireuen Mulyadi, kaum muslimin harus memaknai peringatan Malam Nuzulul Qur'an atau malam turunnya pedoman dan tuntunan (Hudan Linnas) bagi umat manusia, yakni Al-Qur’an Nurkarim.

Forkopimda dan masyarakat mengikuti peringatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakn melalui Dinas Syariat Islam (DSI) Bireuen, di Masjid Agung Sulthan Jeumpa,  Rabu malam, 27 Maret 2024. 

“Al-Qur'an diturunkan sebagai rahmat bagi  sekalian alam, menjadi sumber dari segala sumber hukum dan ilmu pengetahuan, membimbing kita menjadi manusia yang  paripurna atau insan kamil,” jelasnya.

“Dalam Al-Qur’an, Allah telah menjanjikan bahwa patuh dan tunduknya manusia pada Al-Qur’an akan menjadi washilah atau perantara turunnya rahmat dan barakah dari Allah ke tengah kehidupan manusia,” katanya.

Al-Qur'an merupakan petunjuk dan pelita kehidupan bagi umat manusia dan kita umat Islam khususnya tidak boleh kehilangan arahan serta pedoman hidup yang hakiki, yang mengarahkan kita kepada jalan yang benar.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita tidak hanya sekedar membaca, namun juga memahami, menanamkan di hati dan menerapkannya dalam kehidupan.

“Untuk itu, mari kita isi bulan yang penuh berkah ini dengan sebaik-baiknya agar tidak terlewatkan dengan sia-sia,” tutur Asisten I Setdakab Bireuen.

Sementara itu, Kepala DSI Bireuen, Dr, H Jufliwan, S.H., MM kepada wartawan mengatakan, pelaksanaan peringatan Nuzulul Qur`an Tahun 1445 H/2024 M malam ini merupakan agenda tetap dalam rangka menyemarakkan Syi’ar Islam di tengah-tengah umat.

Kata Jufkiwan, peringatan Nuzulul Qur`an bukan hanya dilaksanakan di Masjid Agung Sulthan Jeumpa, Bireuen ini saja, tetapi juga dilaksanakan di sejumlah Masjid dan Meunasah di Kabupaten Bireuen. 

“Dengan Nuzulul Qur`an ini, mari kita bersama-sama menuju kemuliaan dan kesejahteraan dengan petunjuk Alquranul Karim sebagai pedoman dunia dan akhirat ummat manusia, terkhususnya ummat muslim,” pinta Jufliwan. (Joniful Bahri)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »