-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Menko PMK dan Menhub Bersama Kapolda Banten Gelar Rakor Evaluasi Mudik Lebaran di Pelabuhan Merak

By On Minggu, April 07, 2024


CILEGON, KabarViral79.Com – Dalam rangka memberikan pelayanan mudik tahun 2024, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, dan Mentri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melaksanakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi proses penyebrangan dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni, di Gedung Sosoro Terminal Eksekutif Merak, Minggu, 08 April 2024.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim, Kepala ASDP Merak Suharto.

Dalam kesempatan tersebut, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, berdasarkan evaluasi, penyebrangan sampai saat ini masih lancar dan berjalan dengan baik.

“Dari hasil evaluasi, proses penyebrangan dari Pelabuhan Merak maupun sebaiknya, masih berjalan dengan baik dan lancar tidak ada kendala, saya sebagai koorinator yang diperintahkan Presiden mengucapkan terima kasih kepada Kapolda dan unsur lainnya yang telah membantu,” kata Muhadjir Effendy.

Menurut Muhadjir, pihaknya akan melakukan kebijakan untuk sekarang sampai lihat perkembangan nanti kapal dari Pelabuhan Merak hanya membawa penumpang.

“Kami akan melakukan kebijakan untuk kapal yang dari Pelabuhan Merak hanya akan membawa penumpang ke Pelabuhan Bakauheni dan selesai menurunkan langsung kembali tidak mengangkut penumbang dari Bakauheni,” ujar Muhadjir.

“Sedangkan untuk bongkar muat pemumpang itu hanya dilakukan oleh Pelabuhan Ciwandan,” sambungnya.

Ia menegaskan, proses bongkar dan muat penumpang hanya dilakukan oleh Pelabuhan Ciwandan, Pelabuhan Merak hanya untuk membawa penumpang saja, tidak membawa penumpang dari Pelabuhan Bakauheni.

“Kebijakan ini diambil karena melihat situasi di lapangan sudah terjadi kepadatan serta melihat data perbandingan yang naik sebanyak 65 persen dibandingan tahun 2023,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolda Banten, Irjen Pol Abdul Karim mengimbau kepada pemudik agar membeli tiket terlebih dahulu sebelum menuju Pelabuhan Merak.

“Para pemudik yang masih di rumah dan belum melakukan perjalanan ke Merak, dan belum memiliki tiket, sebaiknya jangan dulu ke Pelabuhan Merak sebelum mendapatkan tiket,” ujarnya. (*/red)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »