-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

STIKES Payung Negeri Lakukan PBL di Kota Juang Bireuen

By On Senin, Februari 05, 2024

Camat Kota Juang, Musni Syahputra, S.IP., M.Ec.Dev saat memberi arahan kepada mahasiswa dari STIKES Payung Negeri Aceh Darussalam Kampus B, Bireuen, Prodi S1 Kesehatan Masyarakat yang melakukan PBL di tujuh Desa di Kota Juang. 

BIREUEN,  KabarViral79.Com – Puluhan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Payung Negeri Aceh Darussalam, Kampus B, Bireuen, Prodi S1 Kesehatan Masyarakat mengikuti program Praktek Belajar Lapangan (PBL) III Komunitas, Angkatan ke XVIII di tujuh desa (Gampong) di Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen.

Puluhan mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat tersebut diserahterimakan kepada Camat Kota Juang untuk seterusnya diserahkan kepada tujuh Kepala Desa (Kades).

Kegiatan pelepasan dan serah terima para mahasiswa tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Camat setempat, Senin, 5 Febuari 2024.

Kepala Prodi S1 Kesehatan Masyarakat STIKes Payung Negeri Aceh Darussalam Kampus B, Bireuen, Saiful Rani, SKM., MPH diwakili Kaur Kemahasiswaan, Rusli, SKM, MKM melaporkan, program PBL ini diikuti 70 mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat.

Seluruh mahasiswa tersebut akan ditempatkan di tujuh desa, yakni Desa Geudong-Geudong, Lhok Awe Teungoh, Cot Jrat, Bireuen Meunasah Dayah, Geudong Alu, Bireuen Meunasah Capa dan Desa Blang Tingkuem.

“Para mahasiswa tersebut mengikuti program Praktek Belajar Lapangan III Komunitas, selama satu bulan,” sebutnya.

Rusli menjelaskan, program PBL ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa/i dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Ikut menumbuhkembangkan sikap etis profesionalisme dan nasionalisme,” jelasnya.

Melalui kegiatan PBL ini, Ia berharap dapat memberikan konten yang sehat bagi masyarakat serta menyediakan data dan informasi yang dapat bermanfaat bagi kita semua.

“Tentunya diperlukan dukungan berbagai sektor kesehatan serta lintas sektor, sehingga tujuan dapat tercapai secara solid,” ujar Rusli.

Kaur Kemahasiswaan itu mengatakan, mahasiswa nantinya agar senantiasa menghormati budaya yang ada di masyarakat Gampong setempat.

“Jaga etika dan nama baik almamater kampus serta mematuhi semua peraturan yang sudah ditetapkan dan laksanakan arahan pembimbing akademik,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Kota Juang, Musni Syahputra, S.IP., M.Ec.Dev, menyambut baik kehadiran mahasiswa dari STIKES Payung Negeri Aceh Darussalam Kampus B, Bireuen, Prodi S1 Kesehatan Masyarakat, Komunitas melalukan PBL di 7 Desa (Gampong) dalam wilayahnya.

“Ketujuh desa tersebut ditunjuk dan dipilih sebagai tempat para mahasiswa melaksanakan program PBL berdasarkan hasil koordinasi kami dengan kepala Puskesmas Kota Juang,” ujarnya.

“Setahu kami, dari hasil koordinasi desa-desa tersebut merupakan desa yang memiliki isu kesehatan yang pernah terjadi, seperti isu demam berdarah dan wabah penyakit lainnya,” imbuhnya.

Musni Syahputra mengharapkan, para mahasiswa yang mengikuti program PBL ini mampu menangkap isu-isu tersebut sesuai dengan ilmu yang diperoleh selama di perkuliahan.

“Di samping dapat memberikan solusi-solusi untuk desa serta dapat meningkatkan kesejahteraan kesehatan bagi masyarakat desa,” ujarnya.

Camat Kota Juang ini juga berpesan kepada para mahasiswa yang melakukan PBL wajib mengikuti aturan dan adat istiadat, masing-masing desa.

“Saya berharap selalu berkomunikasi berkoordinasi baik dengan Keuchik ataupun perangkat desa dan dapat berinteraksi dengan masyarakat setempat dengan baik,” harapnya. (Joniful Bahri)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »