-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ratusan Atlet Pelajar Bireuen Bersaing di Ajang Seleksi POPDA XVII

By On Selasa, Maret 05, 2024

Kadisporar Bireuen, Muhammad Al Muttaqin, S.Pd, M.Pd didampingi Koordinator Panitia Seleksi, Darmawan, S.Pd saat membuka ajang seleksi atlet POPDA di GOR Geulempang Payong Jeumpa, Kabupaten setempat, Senin, 04 Maret 2024. 

BIREUEN, KabarViral79.Com – Sedikitnya 550 atlet pelajar tingkat SMP, MTs, SMA, SMK dan MA di Kabupaten Bireuen bersaing di ajang seleksi persiapan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda).

Sementara pembukaan ajang seleksi ratusan atlet tersebut berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Geulempang Payong, Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Senin, 04 Maret 2024.

Ajang seleksi POPDA tersebut digelar oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Bireuen, melalui Bidang Olahraga di empat titik lokasi.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Parawisata (Disporapar) Bireuen, Muhammad Al Muttaqin, S.Pd, M.Pd melalui Kabid Olahraga, Nazli SP, MSM kepada wartawan mengatakan, ajang seleksi atlet tingkat pelajar di Bireuen diikuti 550 atlet, baik dari SMP, MTs, SMA, SMK dan MA.

“Setelah dilakukan seleksi, nantinya akan menyisakan 70 atlet untuk cabang pencak silat, sepak bola, bulu tangkis, lalu cabang taekwondo, panahan, bola voli, tenis meja, kempo, karate, atletik. Untuk tahun ini kita mendapat tambahan cabang olahraga tinju dan tenis lapangan,” katanya.

Mereka yang mengikuti seleksi tahun ini dibatasi dengan aturan baru, atlet kelahiran 1 Januari ke atas maksimal duduk di kelas X saat mengikuti seleksi. Sedangkan POPDA tahun ini pihaknya hanya tersedia anggaran untuk memberangkatkan 70 atlet dari 12 cabang olahraga.

Atlet sepak bola mengikuti ajang seleksi di Lapangan Geulempang Payong, Jeumpa, untuk persiapan POPDA Aceh, Senin, 04 Maret 2024. 

“Ajang seleksi ini, kita belum bisa menentukan berapa jumlah cabang yang diikutsertakan, apalagi jumlah kouta atletnya sangat minim, hanya 70 orang,” ungkapnya.

Usai seleksi ini, panitia dan koordinator masing-masing cabang olahraga akan melakukan persentase guna memilih atlet terbaik dan benar-benar memenuhi kriteria untuk dapat tampil di POPDA Aceh nantinya.

“Ajang seleksi atlet POPDA tahun ini, Disporapar Bireuen juga ikut menyeleksi atlet cabor tinju dan kempo, dimana kedua Cabor tersebut untuk pertama sekali diikutsertakan pada even POPDA Aceh,” bebernya.

Sementara itu, Koordinator Panitia Seleksi, Darmawan, S.Pd kepada media ini menerangkan, dari 550 atlet POPDA Bireuen yang ikut mendaftar pada ajang seleksi tahun ini, atlet Pencak Silat 80 orang, Sepakbola 200 atlet, Bulu Tangkis 37 atlet.

Disusul Cabang Taekwondo 23 atlet, Panahan 15 atlet, Bola Voli 35 atlet, Tenis Meja 27 atlet, Kempo 11 atlet,  Cabang Karate 33 atlet, Atletik 40 atlet, Tinju 5 atlet dan Tenis Lapangan sebanyak 4 atlet.

“Untuk ajang seleksi sendiri dipentaskan di empat titik lokasi berbeda. Cabang Sepakbola di lapangan Glumpang Payong. Sementara Cabang Bola Voli, Silat, Bulutangkis, Tenis Meja, Karate, Taekwondo, Kempo, Tinju dan Tenis Lapangan di GOR Glumpang Payong,” terangnya.

Sedangkan untuk Cabang Atletik di Ruang Terbuka Hijau Cot Gapu Bireuen, disusul Cabang Panahan di Sekolah Sukma Bangsa Bireuen.

Dikatakan Darmawan, kegaitan seleksi sendiri digelar sehari penuh, kecuali Cabor sepakbola dilaksanakan selama dua hari, 4 hingga 5 Maret 2024, alasannya banyaknya peserta yang ikut.

“Kita berharap ajang seleksi yang dilaksanakan ini dapat terpilihnya atlet terbaik,  sehingga nantinya mereka bisa menoreh hasil yang maksimal di ajang POPDA Aceh, di IDI Aceh Timur, dan harapan utama kita, atlet POPDA Bireuen dapat mendulang medali yang maksimal,” harap Darmawan. (Joniful Bahri)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »